Jumat, 24 Juli 2009

My First Online Experience

Temanggung 2007, berawal dari keridak tahuan seorang bocah desa, yang hanya tahu lingkungan tempat tinggalnya dan menganggap bahwa semua orang di belahan dunia itu sama dan sepadan.

setelah lulus SMP aku melanjutkan ke SMK, tepatnya di SMK N 2 Temanggung dan mengambil jurusan TKJ (teknik komputer dan jaringan). dengan masuknya aku ke sekolah ini secara otomatis aku bergelut dengan banyak mata pelajaran dan salah satu dari itu adalah mata pelajaran produktif yaitu TKJ yang banyak membahas tentang jaringan komputer.

latar belakang aku mengambil jurusan ini bukan karena aku ahli dalam komputer atau aku adalah juara kelas, tapi karena aku ingin memajukan desaku yang berada di "puncak gunung".
yang aku tahu tentang komputer dan internet hanya sedikit sekalai saat pertama kali aku menggunakannya. paling sebatas untuk mengetik dan itu pun masih sangat minim, apalagi internet. di SMP, aku tidak pernah di ajai yang namanya internet. aku cuma tahu kalo internet itu seperti televisi yang hanya bisa di tonton, selebihnya tidak ada.
setelah bertemu dengan teman teman baru yang nota bene orang kota aku sedikit demi sedikit tahu tentang internet. pertama kali membuka internet aku langsung mengetikkan URL, dan hanya dengan itu. kemudian temanku mengajari mengenggunakan Google untuk mencari yang akan aku cari. banyak kejutan yang terjadi dan juga pertanyaan yang menumpuk di benakku, karena begitu banyak informasi yang ada dan dapat di ketahui dengan cepat. informasinya pun banyak yang tidak sesuai dengan umurku kala itu bahkan sekarang. seringa aku dengar dari orang orang bahwa banyak situs pono yang sudah di blog tapi ternyata banyak juga yang baru.aku tidak mengakses situs tersebut secara langsung tapi sering aku lihat di iklan-iklan yang bertebaran di situs besar. seringakali aku melakukan hal hal yang ceroboh seperti tidak logout, selalu menerima file yang masuk tampa tahu ini nya, bahkan virus pun pernah aku download.

dari yang tidak tahu aku menjadi lebih tahu. baik itu internetnya maupun orang orang yang berada di balik layar.

sesudah dua tahu mengenal internet, sekarang aku sudah bisa bercerita kepada orang orang terdekatku di desa dan mereka sangat tertarik saat aku bercerita tentang internet. walaupun cukup sulit untuk menerangkan kepada mereka tentang internet yang sesungguhnya tapi aku terus berusaha untuk memberikan keterangan semudah mungkin kepada mereka tentang internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar